Pada dasarnya, otak insan hampir menyerupai dengan sebuah processor komputer. Jika processor hanya membutuhkan supply (pasokan) energi listrik dan komponen yang terancang dengan baik untuk menjalankan fungsinya, maka otak insan membutuhkan oksigen dan organ-organ yang tersusun dengan baik, namun insan membutuhkan asupan nutrisi yang tepat dan juga latihan untuk memakai fungsinya dengan baik. Kita sanggup melaksanakan beberapa hal untuk meningkatkan kemampuan otak dengan memberinya asupan yang tepat dan baik bagi otak dan melatihnya, memodifikasi atau bahkan memanipulasinya, meski kita sebagai insan memang tidak akan bisa menjadi sempurna. Namun, hal tersebut bukan alasan untuk tidak menciptakan diri kita menjadi terus lebih baik, khususnya dalam hal ini, yaitu untuk meningkatkan kinerja otak untuk berpikir lebih cepat.

Nah kemudian bagaimana cara semoga otak bisa berpikir lebih cepat? Berikut yakni beberapa hal yang sanggup menciptakan otak berpikir lebih cepat yang mungkin bisa kau lakukan.

Langkah-langkah dalam menciptakan otak lebih cepat berpikir

1. Menarik nafas dalam-dalam (khususnya di pagi hari di kawasan yang sejuk)


Menarik nafas dalam-dalam melalui hidung, sanggup meningkatkan fungsi otak dengan cepat. Menarik nafas dalam-dalam pun, sanggup memperlihatkan asupan oksigen yang lebih banyak pada darah, apalagi kalau melakukannya di pagi hari di kawasan yang sejuk menyerupai taman. Sedangkan, apabila tingkat oksigen pada darah itu rendah, maka hal tersebut sanggup mengurangi fungsi kerja otak.

2. Mendapatkan takaran EPA secukupnya


EPA yakni materi kimia dalam minyak ikan, yang merupakan asupan badan yang baik untuk otak. Mungkin dari sebagian besar orang belum mengetahuinya. Kaprikornus mulai kini mengapa kau tidak memperlihatkan minyak ikan setiap hari untuk meningkatkan kerja otak? Penelitian memperlihatkan bahwa minyak ikan sanggup memfasilitasi atau mendukung peningkatan acara pada otak, memperlancar peredaran darah, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

3. Menghindari asupan yang mengandung gula atau embel-embel buatan


Dampak dari mengkonsumsi asupan yang mengandung gula buatan, akan menciptakan otak sulit berpikir jernih. Hal tersebut, merupakan hasil dari insulin yang mengalir dalam darah.

4. Mengerjakan sesuatu yang melatih otak


Bermain sudoku, mengerjakan teka-teki silang atau hal-hal semacamnya sanggup menciptakan otak tetap berada pada kondisi yang terbaik. Sama menyerupai halnya otot, kalau otak tidak dilatih secara teratur, maka otak akan kehilangan kemampuannya untuk bekerja secara maksimal.

5. Menghafal

Seperti halnya menghafal Al-Qur’an, maka hal tersebut bisa meningkatkan kinerja otak dan mempertajam ingatan sampai 80%. Hal tersebut disebabkan lantaran ada tiga kegiatan yang baik bagi otak, yaitu melihat, membaca dan mendengar.

6. Tertawa senang


Tertawa bahagia sanggup meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi kedua sisi otak pada ketika yang bersamaan. Namun, acara ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering.

7. Lebih kreatif


Melatih diri untuk lebih kreatif sanggup memungkinkan kita untuk menemukan solusi gres dari setiap permasalahan yang tiba dan secara bersamaan hal tersebut sanggup meningkatkan kesadaran diri.

8. Berlatih jugling (melempar 1 per satu dari 3 benda dan kemudian menangkapnya 1 per 1 untuk dilemparkan kembali dan insiden ini terus berulang)


Penelitian dari salah satu perguruan di Jerman, membaca atau mendapat isu tanpa yang lain-lain secara cepat dan tepat bahwa otak dari seorang juggler (seorang pemain jugling) sanggup meningkatkan struktur otak. Setelah berlatih selama tiga bulan, otak akan mengambarkan peningkatan yang signifikan pada pecahan sulkus intraprietal otak sebelah kiri.

9. Melakukan beberapa hal yang berafiliasi dengan sifat kekanak-kanakan


Albert Enstein (Fisikawan, penemu teori relativitas) pernah berkata, bahwa imajinasi lebih penting dari pada pengetahuan. Sebuah penelitian terhadap orang-orang yang sangat sukses memperlihatkan bahwa mereka juga mempunyai ciri-ciri lain yang menonjol. Mereka mempunyai mimpi yang besar, tujuan yang jelas, dan teguh memegang mimpinya tersebut. Selain itu, mereka tidak bekerja sendirian, mereka bisa nemanfaatkan kekuatan yang ada di dalam dirinya maupun di sekeliling dirinya. Hal-hal tersebut merupakan seauatu yang biasanya ada dalam diri anak-anak.

10. Rutin melaksanakan korelasi intim bersama pasangan halal (antar suami-istri)

Melakukan kegiatan intim bersama pasangan secara rutin bisa meningkatkan kemampuan otak dengan melepaskan senyawa kimia dalam tubuh. Selain itu, berafiliasi intim bersama pasangan juga bisa meningkatkan peredaran darah ke otak yang tentunya hal tersebut sangat baik untuk mengatasi ketegangan yang mensugesti kinerja otak dan bisa mengurangi stres.