Cara Menjaga Kebersihan Tubuh Saat Menstruasi Cara Menjaga Kebersihan Tubuh Saat Menstruasi

Informasi – Menstruasi merupakan tanda awal dimana seorang gadis beranjak pada kematangan dan kedewasaan, serta telah memenuhi salah satu syarat untuk melaksanakan perkawinan guna melestarikan keturunan. 

Dari sisi medis dan ilmu biologi, menstruasi diartikan sebagai pendarahan rahim yang sifatnya fisiologik (normal) yang datangnya teratur setiap bulan (siklus haid). Timbulnya pendarahan tersebut sebagai tanggapan perubahan hormonal (esterogen dan progesterone).

Sedangkan darah yang keluar pada ketika seorang gadis sedang mengalami menstruasi itu ditafsirkan sebagai kotoran yang berarti sumber penyakit. Untuk itu bagi seorang gadis yang sedang mengalami menstruasi harus benar-benar memperhatikan kebersihan tubuhnya, dan jangan melaksanakan kekerabatan tubuh pada ketika seorang gadis itu sedang mengalami menstruasi.

Langkah-langkah dalam menjaga kebersihan untuk kesehatan tubuh pada ketika menstruasi

Nah, adapun beberapa cara dalam menjaga kebersihan tubuh ketika menstruasi ialah, sebagai berikut.

  • Mandi setiap hari dengan memakai sabun yang tidak mengandung zat-zat kimia tertentu memakai air hangat atau memakai sabun herbal yang terbukti baik bagi tubuh.
  • Bersihkan dubur dari depan ke belakang sehabis buang air besar, alasannya ialah anus terletak di belakang, bersahabat vagina atau kanal kencing. Cara membersihkan yang kurang baik sanggup menimbulkan vagina atau kanal kencing terkena kotoran dari dubur, sehingga hal itu sanggup menimbulkan abses pada kanal alat vital.
  • Gunakan celana dalam yang berbahan atau terbuat dari katun, dan jangan gunakan celana dalam yang terbuat dari nilon, alasannya ialah materi yang terbuat dari nilon tidak sanggup menyerap air dan tidak sanggup tertembus cahaya. Selain itu, nilon bersifat mempertahankan panas dan air, sehingga menimbulkan mikroorganisme (bakteri) sanggup tumbuh dengan subur.
  • Gantilah pembalut selama haid, minimal dua kali sehari.
  • Cucilah vagina dengan air secukupnya selama ovulasi, alasannya ialah pada ketika ovulasi ada pengeluaran cairan vagina lebih banyak daripada biasanya. Kadang-kadang terjadi pendarahan.

Nah, itulah artikel tentang “Cara Menjaga Kebersihan Tubuh Saat Menstruasi”. Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, sanggup menghubungi Admin di hidangan yang telah tersedia 🙂 Semoga artikel ini bermanfaat dan sanggup membawa imbas yang baik.

“Gambar dan isi goresan pena di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari banyak sekali sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu mencar ilmu untuk mengambil sisi positifnya ya sob!”

Kata kunci terkait pada artikel ini:
Tips menjaga tubuh tetap higienis ketika sedang menstruasi