hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memberikan Nama Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memberikan Nama

Informasi – Pada hakikatnya, dukungan nama kepada seorang anak merupakan suatu identitas supaya ia dikenal serta memuliakannya. Oleh sebab itu, memberi nama kapada anak pria dan wanita merupakan suatu keharusan. Apabila seseorang tidak diberi nama, maka ia akan menjadi seorang yang tidak dikenal oleh masyarakat. Namun dalam menunjukkan sebuah nama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu sebagai berikut.

Tips memberi nama yang baik untuk anak

1. Pilih nama yang baik

Sebuah riwayat menceritakan bahwa seseorang tiba kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan bertanya: “Ya Rasulullah, apa hak anakku ini?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Memberinya nama yang baik, mendidik watak yang baik, dan memberinya kedudukan yang baik (dalam hatimu).” (Hadits riwayat Aththusi).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda: “Sesungguhnya nama-nama kau sekalian yang paling disukai oleh Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Agung yakni Abdullah dan Abdurrahman.” (Hadits riwayat Muslim).

2. Hindari nama yang sanggup mengotori kehormatan

Hindari kata-kata yang mempunyai arti negatif supaya sifat negatif tersebut tidak dicitrakan orang atau menjadi materi celaan terhadap si anak. Diriwayatkan Abu Dawud, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengganti nama-nama jelek menyerupai Al-‘Ashi (orang yang bermaksiat), ‘Aziz (nama Tuhan), ‘Utullah (yang kasar), dan Habab (sejenis ular atau setan). Beliau pun mengganti nama Harb (perang) dengan nama salim (damai) dan mengganti nama Al-Mudhaji’ (yang berbaring) dengan nama Al-Mimba’its (yang gesit).

3. Hindari nama yang bermakna pesimistis

Sa’id bin Al-Musayyab menceritakan kakeknya dari bapaknya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya kepadaku: “Siapa namamu?” Aku menjawab: “Hazn (susah).” Beliau bersabda: “Kamu Sahl (mudah).” Aku berkata bahwa saya tak akan mengubah nama yang telah diberikan kepadaku. Ibnu Al-Musayyab berkata: “Kesusahan itu masih saja terus bersama kami.”

4. Hindari nama yang bermakna optimistis

Selain yang bermakna pesimistis, nama yang bermakna optimistis pun harus dihindari. Penyebabnya yakni Rasulullah tidak suka mendengar balasan “Tidak” yang terucap dikala nama optimistis ini dipanggil sebab si pemilik nama sedang tidak ada. Ibnu Majah berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kita menamakan hamba kita dengan empat nama, yaitu Allah, Nafi’, Rabbah, dan Yassar.” Bahkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengganti nama salah seorang istrinya, Barrah (taat) menjadi Maimunah. Ini sebab dia tidak suka dikala salah seorang menanyakan: “Adakah Barrah?” yang harus dijawab dengan: “Barrah tidak ada.” Jawaban ini mengandung konotasi negatif.

5. Hindari penyamaan nama Allah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Orang yang paling dibenci dan jelek di sisi Allah pada hari simpulan zaman yakni orang yang dinamakan Malik Al-Amlak (raja di atas raja). Karena, tidak ada raja selain Allah.” (Hadits riwayat Muslim)

Rasulullah pun pernah menegur seseorang yang dipanggil dengan nama Abul Hakam, dengan alasan: “Sesungguhnya, Allahlah Yang Maha Pemberi Keputusan (Al-Hakam) dan kepada-Nyalah kembali segala keputusan.” Selanjutnya, dia menyuruhnya untuk dipanggil Abu Syuraih (juru penerang) yang disandarkan kepada nama anak pertamanya, Syuraih. Larangan ini pun berlaku untuk nama-nama Allah yang lain, menyerupai Al-Had, Ash-Shamad, Al-Khaliq.

Nah, itulah artikel tentang “Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memberikan Nama”. Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, sanggup menghubungi Admin di sajian yang telah tersedia 🙂 Semoga artikel ini bermanfaat dan sanggup membawa dampak yang baik. Wallahu a’lam bisshawab

“Gambar dan isi goresan pena di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari banyak sekali sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu berguru untuk mengambil sisi positifnya ya sob!”

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Berbagai hal yang harus diperhatikan dalam menunjukkan sebuah nama